Jaringan Dokumen dan Informasi Hukum

SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN PANGANDARAN

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN PANGANDARAN MENETAPKAN POKOK-POKOK PIKIRAN DPRD USULAN PEMBANGUNAN TAHUN 2023

Posted by Operator JDIH DPRD | 2022-02-23 04:54:27 | 442 kali dibaca

Image

DPRD Kabupaten Pangandaran menggelar Rapat Paripurna Penetapan Pokok-pokok Pikiran DPRD Untuk Usulan Pembangunan tahun 2023. Rapat Paripurna dihadiri oleh 25 (dua puluh lima) orang, yaitu Pimpinan dan Anggota DPRD. Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran (Asep Noordin H.M.M).

Dalam Laporan Badan Anggaran yang disampaikan oleh Solihudin, S.IP menyebutkan bahwa Pokok-pokok Pikiran DPRD tersebut merupakan usulan dan aspirasi masyarakat yang disampaikan pada saat pimpinan dan anggota DPRD melaksanakan Reses. Pokok-pokok Pikiran DPRD merupakan bagian dari Perencanaan Pembangunan. Pokok-pokok Pikiran DPRD Kabupaten Pangandaran untuk usulan pembangunan tahun 2023 dibahas dalam rangka mewujudkan proses percepatan pembangunan yang terencana dan terukur serta dapat dipertanggungjawabkan. Maka perencanaan pembangunan memegang peranan penting dan strategis lalu akan disampaikan kepada Bupati dan selanjutnya dituangkan dalam dokumen RKPD.

Pokok-pokok Pikiran DPRD Kabupaten Pangandaran disusun sebagai upaya DPRD Kabupaten Pangandaran dalam mengarahkan dan mengawasi strategi pelaksanaan program pembangunan Kabupaten Pangandaran. serta memberikan bahan dan masukan kepada Pemerintah Kabupaten Pangandaran dalam menyusun dokumen awal Draft RKPD Tahun Anggaran 2023. Arah kebijakan pembangunan daerah di Wilayah Pangandaran Tahun 2023, sudah tercantum dalam RPJMD Kabupaten Pangandaran Tahun 2021-2026 dengan Visi "PANGNADARAN JUARA MENUJU WISATA BERKELAS DUNIA YANG BERPIJAK PADA NILAI KARAKTER BANGSA". Visi tersebut dijabarkan melalui Misi-misi sebagai berikut:

  1. Mewujudkan Kehidupan Masyarakat yang Beriman Taqwa dan Mewujudkan Kerukunan Kehidupan Beragama;
  2. Mengembangkan Wisata dengan memperluas akses dan Penataan berkelanjutan;
  3. Mengembangkan Aksesabilitas Kesehatan dan Pendidikan sampai Perguruan Tinggi dan Peningkatan Kesejahteraan Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Peningkatan Kompetensi Lulusan;
  4. Meningkatkan Ketahanan Ekonomi dan Sosial yang Berkeadilan berbasis Pontensi Lokal;
  5. Mewujudkan Reformasi Birokrasi yang Melayani, Efektif, Efisien, dan Akuntabel; dan
  6. Peningkatan Pembangunan Infrastruktur, Penataan Ruang dan Mitigasi Bencana ynag terintegrasi dan berkelanjutan.

Pokok-pokok Pikiran DPRD Kabupaten Pangandaran mencangkup seluruh urusan kewenangan Pemerintahan Kabupaten Pangandaran, isu strategis dan dinamis yang berkembang di masyarakat saat ini. Adapun tema Pembangunan Kabupaten Pangandaran Tahun 2023 adalah "Peningkatan Kualitas Infrastruktur Dasar", dengan prioritas pembangunan sebagai berikut:

  1. Kolaborasi Membangun Desa (Pembangunan Desa Seluruh Aspek termasuk Stunting);
  2. Pengembangan Infrastruktur Dasar dan Konektivitas Wilayah;
  3. Optimalisasi Pengelolaan Potensi Pariwisata;
  4. Optimalisasi Sektor Ekonomi Unggulan, UMKM, IKM, Koperasi dan Kualitas Tenaga Kerja;
  5. Reformasi Sistem Kesehatan Daerah, Sistem Perlindungan Sosial dan Tata Kelola Pendidikan, Keagamaan, Kepemudaan dan Olahraga;
  6. Optimalisasi Tata Kelola Pemerintahan, Sumber Pendanaan Pembangunan dan Pelayanan Publik (termasuk Pengelolaan ASN); dan
  7. Peningaktan kualitas Lingkungan Hidup dan Mitigasi Bencana.

Selaiun dari ketujuh prioritas pembangunan sebagaimana disebutkan diatas, DPRD Kabupaten Pangandaran mengusulkan 1 (satu) prioritas pembangunan untuk tahun 2023, yaitu "Pemekaran Wilayah Pemerintahan". (21/02/2021)